Thursday, August 18, 2011

Siomay Babi - komplit


udah dari bulan2 kemaren pengen bikin siomay, tapi ditunda2 terus krn takut gagal, takut ga bisa bikin bumbu kacang, takut ini takut itu... akhirnyaaaa memberanikan diri juga bikin siomay... hahahaha....

teman2.... hargailah tukang siomay :p krn bikin siomay itu gak gampang... mesti sering2 bikin, biar bentuknya sempurna...

maaf ya bentuknya agak gak rapi, maklum, baru pertama bikin. itu juga semuanya hubby yg lipet2in... bertanya2 sendiri kok cowo lebih bisa ya? gw ga bisa T.T knp ya gw ga bisa? T.T uda coba berkali2, jadinya lebih ancur, awut2an... giliran dia yg bikin, eeeee rapi... -.-'
tapi klo soal rasa, layak dicoba deh.... gw pake daging babi, beuhh manteppp... hihihi... :)
buat yg muslim bisa ganti ikan/udang/ayam juga gpp ya :)

oh ya, minggu ini gw n hubby mau ke bangka, sampai akhir bulan agustus. doain ya semoga perjalanan lancar... n maaf, ga masak, jadi ga ngeblog... tapi gw janji disana bakalan belajar masak masakan khas bangka, n tentunya di share disini :)

udahan ya curcolnya, ini mau share resepnya ya, semoga berkenan :)

Bahan siomay :
kulit siomay, bisa beli di supermarket/pasar, klo bisa bentuknya yang bulet, biar lebih gampang lipetnya (kata hubby gw)
500 gr daging babi giling
100 gr sagu
3 sdm bengkoang yg dipotong kotak kecil
3 siung bawang putih, cincang
2 sdm irisan daun bawang
1 sdm angciu
1 sdt garam
1/2 sdt lada
1 sdm kecap ikan
2 sdm air
1 bh telur
1 bh wortel, diserut

Pelengkap :
tahu, potong2 (diatasnya bisa ditambahkan daging babi)
kentang, potong2  (diatasnya juga bisa ditambahkan daging babi)
telur rebus, belah 2
kol
jeruk limo/nipis

Cara membuat siomay :
- siapkan mangkok besar, masukkan semua bahan, aduk sampai rata.
- siapkan kulit siomay, ambil 2-3 sdt adonan dan letakkan di tengah.
- lalu bentuk sedemikian rupa (-.-') dipadatkan dan dikerut2kan (bingung ga? gw juga bingung -.-', pokoknya jadinya kayak di gambar deh)
- taburkan wortel serut diatasnya.
- kukus siomay, tahu, kol,dan kentang kurang lebih 25menit.
- sajikan di piring, dan siram dengan bumbu kacang dan tambahkan kecap manis beserta jeruk limo/nipis.

Bahan bumbu kacang :
- 200 gr kacang tanah
- 1 bh kentang ukuran sedang, potong2, kukus / rebus sampai lembut
- 3 siung bawang putih
- 300 ml air
- gula merah
- kecap manis

Cara membuat bumbu kacang :
- panaskan minyak, goreng kacang tanah sampai garing dan kecoklatan (dgn api kecil, jgn sampe kacangnya gosong)
- diblender : kacang tanah, kentang, bawang putih, dan air.
- siapkan panci, tuang bumbu kacang , dan dipanaskan kembali sambil diaduk2.
- tambahkan gula merah sesuai selera, lalu tambahkan kecap manis agar warnanya coklat.

Note : waktu mau kukus siomay dkk, pakai sawi putih untuk alasnya yah... supaya gak lengket :)

gimana, keliatan susah/gampang? emang bikinnya rada ribet, tapi kebayar kok dengan rasanya. puas..... enak poll....... :D selamat mencoba ya :) Gbu all :)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment